Senin, 02 Juni 2014

SDK KU .

Jadwal pelaksanaan rencana jangka menengah
No
SASARAN
PROGRAM
Jadwal Kegiatan
2012/2013
2013/2014
2014/2015
2015/2016
Smt I
Smt II
Smt  I
Smt II
Smt I
Smt II
Smt  I
Smt II
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
I
KESISWAAN
1
Menerima siswa usia sekolah sesuai daya tampung.
Penerimaan siswa usia sekolah sesuai ruang kelas yang ada.




2
Tidak adanya anak yang tinggal kelas setelah mendapat remidi dari setiap KD yang belum tuntas.
Memberikan remidi sampai 3 kali untuk setiap KD yang belum tuntas.
3
Input yang biasa-biasa saja, tetapi menghasilkan out put yang luar biasa.
Memberi pendampingan dan pembinaan secara intensip kepada anak-anak yang belum mampu
4
Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik.
Mendata anak-anak yang mempunyai bakat menonjol baik di bidang akademik maupun non akademik.
5
Setiap tamatan/keluar dari SDK St. Antonius memiliki kepribadian  utuh
Pembinaan kepribadian melalui pelajaran budi pekerti, pendidikan karakter dan out bond untuk siswa kelas 6
6
Setiap tamatan/keluaran dari SDK St. Antonius memiliki iman yang tangguh sesuai agama yang dianutnya.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengikuti pelajaran agama sesuai dengan agamanya.
7
Semua siswa dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi (SMP)
Memberi pembinaan secara efektif kepada anak-anak sejak kelas IV untuk siap mengahadapi UASBN dan UAS.
II
Kurikulum dan Pembelajaran
1
Perencanaan Proses Pembelajaran

Memiliki silabus dan RPP kelas 1 s.d. 6 untuk semua mata pelajaran
Pembuatan Silabus dan RPP untuk semua mata pelajaran
2
Pelaksanaan Proses Pembelajaran
a
Adanya kesesuaian isi silabus dan rencana pembelajaran dengan kegiatan belajar mengajar untuk setiap mata pelajaran di kelas.
Peningkatan supervisi kelas oleh Kepala Sekolah maupun guru senior
b
Memaksimalkan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran
Setiap pembelajaran diusahakan menggunakan alat peraga
c
Penggunaan metode belajar semakin bervariasi sehingga anak merasa senang dalam belajar.
Menggunakan metode dan model pembelajaran bervariasi serta menggunakan system pengajaran leason study.
d
Evaluasi tidak berdasarkan ulangan atau tes saja, tetapi meliputi seluruh aspek pembelajaran
Melaksanakan evaluasi dengan tes dan non tes (unjuk kerja, fortopolio, dsb.)
e
Mengadakan kegiatan pembelajaran di luar sekolah agar siswa mendapat pengalaman belajar yang lebih nyata.
Minimal satu semester 1 kali mengadakan kegiatan belajar di luar sekolah (kunjungan ke tempat  . . . . .)
3
Prestasi Akademik
a
Beberapa siswa bisa mengikuti lomba olimpiade MIPA sampai tingkat kota
Membina bibit-bibit untuk menghadapi lomba olimpiade dari kelas 3 s.d. 5
b
Mengurangi jumlah anak yang mengikuti remidi dan menambah jumlah anak yang mengikuti pengayaan
Pembinaan secara berkala untuk meningkatkan SDM/guru agar mampu melaksanakan pem -belajaran PAKEM.
c
Tidak ada anak yang tinggal kelas dalam setiap tahunnya
Memberikan remidi kepada anak-anak yang belum tuntas secara terprogram.
4
Prestasi non Akademik
a
Meningkatkan prestasi Drum Band dan Pramuka sebagai sarana untuk membina dan melatih kedisiplinan dan tanggung jawab
Pramuka menjadi kegiatan wajib dari kelas 3 s.d. 6 dan Drum Band menjadi pilihan bagi anak kelas 3 s.d. 6
b
Di bidang seni ; meningkatkan prestasi seni vokal, seni lukis, fashion show, musik
Menghadirkan Pembina bidang seni dan mengadakan latihan secara rutin.
c
Di bidang olah raga; bulu tangkis, atletik, sepak bola
Membina secara rutin anak-anak yang berbakat di bidang olah raga
III
Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1
Kondisi Kepala Sekolah

Memiliki wawasan pendidikan  yang luas, dan kreatif melaksanakan tugasnya.
Terbuka terhadap setiap perubahan, baik melalui bacaan, internet,  dsb
2
Kondisi Pendidik

Semua guru sudah memiliki ijazah S1 dan minimal sudah diangkat menjadi pegawai FB
Peningkatan kualifikasi pendidikan sampai S1 dan pengangkatan oleh yayasan minimal FB dan sudah sertifikasi menjadi guru profesional
3
Kondisi Tenaga Kependidikan

Tata Usaha memiliki wawasan yang luas, professional, aktif, kreatif, dan inovatif.
Terbuka terhadap kemajuan dan selalu mengikuti pelatihan tentang  perkantoran / mangemen keuangan

Pustakawan memiliki wawasan yang  luas  sebagai  tenaga perpustakaan
Rajin mencari inormasi ke perpustakaan daerah dan meningkatkan kualitas dengan mengikuti berbagai pelatihan tentang perpustakaan
IV
Standar Pengelolaan
a
Manejemen Peserta Didik










Adanya pelayanan bimbingan dan konseling bagi anak-anak yang bermasalah secara efektif
Menerima aduan dan memberikan bimbingan dan pemecahannya kepada anak yang menghadapi permasalahan
b
Manajemen Personalia

Terlibatnya semua unsur baik kepala sekolah, guru, komite, dan yayasan dalam mengambil kebijakan yang berkenaan dengan pengaturan sumber daya manusia (SDM).
Mengadakan pertemuan yang dihadiri oleh semua unsur  dalam menentukan pembagian tugas pendidik dan tenaga kependidikan





Kesejahteraan setiap tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dapat diperjuangkan untuk menjadi pegawai tetap yayasan
Diadakan pembinaan terhadap GTT yang sudah berkwalifikasi menjadi GT yayasan





Adanya pembinaan terhadap pendidik dan tenaga kependidikan secara berkesinambungan dan selalu ditindaklanjuti.
Diadakan pelatihan atau worshop secara berkala setiap akhir semester genap










Secara berkala diadakan uji kompetensi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan oleh yayasan
Setiap guru diikutkan uji kompetensi baik oleh dinas maupun oleh yayasan
c
Manajemen Sarana dan Prasarana

Meningkatnya system pengelolaan manajemen sarana dan prasarana sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar.
Memonitoring tenaga administrasi secara berkala dan berkesinambungan

Memiliki inventaris secara rinci dari setiap sarana dan prasarana yang ada di sekolah
Mengadakan pembinaan terhadap tenaga adminstrasi/TU




d
Manajemen Keuangan

Adanya transparansi semua pihak dalam pengelolaan keuangan sekolah
Mengadakan pelaporan yang akuntabilitas dan rutin ke yayasan/ ke pemerintah (BOS)

Mengikuti pelatihan manajemen keuangan dan mengelola sesuai dengan peraturan dari yayasan maupun aturan yang berlaku
Meningkatkan profesionalitas tenaga keuangan/bendahara dalam mengelola keuangan




e
Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat

Terjalinnya hubungan baik antara sekolah dengan masyarakat sebagai stake holder.
Mengadakan pertemuan rutin dengan orang tua dan tokoh masyarakat minimal satu kali dalam satu  semester
V
Standar Sarana dan Prasarana
a
Prasarana

Merawat dan menggunakan ruangan yang sudah ada dengan sebaik mungkin
Memasang keramik separuh setiap dinding kelas secara berkesinambungan





Meronovasi WC agar nyaman untuk anak-anak
Melengkapi keramik dinding WC dengan keramik yang bermotif







Melengkapi ruang perpustakaan dengan fasilitas yang lengkap (perpustakaan mini  tapi menarik minat baca)
Menambah koleksi buku-buku baru sesuai dengan perkembangan pengetahuan.
b
Sarana

Bangku/mabeler sesuai dengan jumlah siswa dalam keadaan baik
Setiap akhir tahun mengadakan pengecekan bangku / mabeler





Almari kelas sesuai dengan jumlah rombongan belajar
Melengkapi kekurangan almari sesuai dengan jumlah rombel






c
Peralatan Pembelajaran

Alat peraga lengkap untuk semua mata pelajaran
Setiap akhir tahun melengkapi dengan 1 alat peraga

Menambah LCD untuk pembelajaran di kelas
Setiap  tahun menambah 1 buah  LCD untuk pembelajaran di kelas





Menambah minimal 3 unit computer setiap tahun untuk melengkapi lab computer
Menyediakan perangkat pembelajaran TIK secara lengkap ( 1 anak 1 unit computer)




d
Peralatan Perkantoran

Adanya mesin fotokopi mini
Melengkapi perlatan kantor untuk mempermudah kegiatan








Tersedia 1 buah filingkabinet
Melengkapi kantor dengan almari filingkabinet.








Pengarsipan tertata dengan rapi secara manual maupun pengarsipan di dalam file
Meningkatkan kinerja tenaga administrasi lewat pelatihan dan pembinaan rutin.
e
Sanitasi

Lancarnya aliran air bersih ke sekolah
Menambah bak penampungan air bersih







Menambah peresapan air hujan untuk menghindari terjadinya genangan air hujan
Membuat 4 sumur peresapan di halaman sekolah , setiap tahun 1 buah




VI
Keuangan dan Pembiayaan

Menjalin kerja sama dengan pihak lain sebagai rekanan untuk menggali dana.
Mengembangkan jiwa entrepreneur warga sekolah /membuat hasta karya yang bisa dijual.
VII
Budaya dan Lingkungan Sekolah

Meningkatnya keamanan, kebersihan, keindahan, kerindangan, kesejukkan, kedisiplinan, keterbukaan, kejujuran, kekeluargaan, dan keteladanan seluruh warga sekolah.
Mewujudkan 10 K dalam kehidupan bersama sebagai warga sekolah lewat pembinaan terus-menerus.
VIII
Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan
a
Komite Sekolah

Membentuk komite sekolah sesuai dengan pedoman yang ada
Membentuk komite sekolah lengkap sesuai dengan aturan yang berlaku







b
Kemitraan

Meningkatnya kerja sama sekolah dengan masyarakat.
Mengadakan pertemuan dengan mengundang nara sumber.








Rencana Pelaksanaan standar nasional pendidikan :
No
Misi
Tujuan
Program Kegiatan Strategis
1
Melaksanakan pelayanan terhadap kebutuhan sekolah dalam hal pengembangan standar isi
Sekolah memiliki standar isi pendidikan khususnya pemenuhan pedoman kurikulum berbasis kompetensi dsn kurikulum muatan local serta kaldik.
·      Pengadaan pedoman pelaksanaan kurikulum nasioanl tahun 2006.
·      Pengadaan pedoman pelaksanaan kurikulum muatan lokal.
·      Pengadaan kalender pendidikan.
·      Penentuan beban belajar
·      Pengembangan silabus untuk setiap mata pelajaran sesuai kurikulum.
·      Program ekstrakurikuler
·      Progrma layanan bimbingan dan konseling.
2
Melaksanakan pelayanan terhadap kebutuhan sekolah dalam hal meningkatkan pelaksanaan proses pembelajaran untuk pemenuhan standar proses pendidikan
Sekolah mampu mengaplikasikan proses- proses pembelajaran yang direkomendasikan dalam kurikulum berbasis kompetensi dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.
·      Memotivasi peserta didik untuk belajar aktif
·      Mengupayakan keragaman metode dalam mengajar
·      Mengembangkan model pembelajaran “Leseon Study”
·      Mengupayakan proses pembelajaran secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang.
·      Memberikan ruang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
·      Mengupayakan keragaman media pembelajaran.
·      Mengupayakan keragaman penilaian oleh guru.
·      Menjaga tingkat emosional guru.
·      Mengefektifkan dan mengoptimalkan tugas-tugas pengawasan dalam memonitoring dan mengevaluasi tugas-tugas guru kelas dan guru mata pelajaran.
·      Pelaksanaan penilaian tindakan kelas oleh guru kelas / guru mata pelajaran
·      Mengupayakan jadwal pelajaran secara tertulis.
·      Melaksanakan program remedial dan pengayaan.
·      Memberikan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianut oleh siswa.
·      Melaksanakan praktikum IPA
·      Melaksanakan praktikum komputer.
·      Melaksanakan praktikum bahasa asing.
·      Melaksanakan praktik kesenian
·      Melaksanakan praktik olah raga.
·      Melaksanakan lomba-lomba akademik dan non akademik.
3
Memiliki standar minimal dalam hal ketuntasan belajar
Sekolah mampu menyusun KKM dan memiliki pemahaman terhadap standar kompetensi lulusan (SKL).
·      Melaksanakan sosialisasi tentang KKM kepada orang tua murid
·      Melaksanakan soaialisasi tentang SKL berdasarkan SKmenteri
·      Melaksanakan pemantapan untuk siswa kelas VI sebagai persiapan mengikuti ujian akhir.
·      Mengadakan remidi bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar minimal.
4
Meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan
Memiliki pendidik dan tenaga kependidikan yang memenuhi standar pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan pelayanan terhadap kebutuhan pendidikan masyarakat.
·      Meningkatkan kualifikasi tenaga pendidik
·      Pengembangan kompetensi guru sebagai agen pembelajaran
·      Promosi dan motivasi bagi guru yang berprestasi dan yang indispliner.
·      Pelatihan terintegrasi berbasis kompetensi bagi pendidik
·      Membuat resume dari bacaan yang dibaca minimal tiga bulan satu buah buku.
·      Mengadakan supervisi berkala
·      Mengadakan layanan bimbingan dan konseling bagi siswa yang bermasalah.
·      Mengupayakan rasio jumlah guru 1 : 30
·      Meningkatkan kapasitas pustakawan
·      Peningkatan kapasitas TU keuangan dan administrasi
·      Peningkatan kapasitas tenaga kebersihan
·      Peningkatan kapasitas tenaga keamanan
5
Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan yang memenuhi standar sarana prasarana pendidikan
Sekolah memiliki sarana dan prasarana minimal sesuai standar dalam menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah
·      Melengkapi alat peraga dan sarana yang lain sesuai dengan kebutuhan masing-masing mata pelajaran
·      Menyediakan minimal 4 buku pelajaran yang dapat dipinjam oleh masing masing siswa.
·      Mengupayakan daftar inventaris sarana dan prasarana secara lengkap.
·      Merawat dengan baik jaringan listrik.
·      Merawat dengan baik jaringan telepon dan internet.
·      Merawat dengan baik sarana kesenian.
·      Melengkapi pelengkapan untuk olah raga.
·      Melengkapi meja kursi siswa sesuai dengan jumlah siswa.
·      Mengganti almari kelas yang sudah rusak dengan almari  baru.
·      Memelihara pengadaan air bersih dan sanitasi.
·      Merenovasi pagar sekolah dan pintu gerbang.
·      Mengecat dinding kelas dan dinding luar.
6
Meningkatkan pengelolaan pendidikan
Sekolah menerapkan pengelolaan sesuai dengan permendiknas no. 19 tahun 2007
·      Pembenahan system manajemen dan perencanaan pendidikan
·      Pelatihan teintegrasi berbasis kompetensi bagi kepala sekolah dan menambah pengetahuan KS melalui berbagai media.
·      Menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) untuk jangka waktu 4 tahun
·      Menyusun RKAS untuk jangka waktu satu tahun
·      Menindaklanjuti hasil studi banding dengan menerapkan di sekolah sesuai dengan kondisi yang ada.
·      Mengadakan rapat/pembinaan rutin/ dan atau berkala dengan semua guru dan karyawan
·      Mengadakan KKG sesuai dengan pembagian kelas ( KKG kelas Bawah/tematik dan KKG kelas atas/mata pelajaran).
·      Mengadakan pertemuan rutin dengan orang tua murid, minimal 1 tahun 2 kali.
·      Meningkatkan pelayanan supervisi dan evaluasi kinerja guru dan karyawan
·      Memberikan penghargaan bagi guru yang berprestasi.
·      Meningkatkan peran dan fungsi administrasi sekolah.
·      Mengadakan koordinasi secara berkala dengan komite sekolah/yayasan, pemerhati pendidikan, dan pastur paroki.
·      Mengadakan seminar atau lokakarya untuk meningkatkan kompetensi guru dan karyawan.
7
Mengoptimalkan sumber-sumber pembiayaan untuk sekolah dalam hal pemenuhan standar pembiayaan pendidikan.
Menyediakan dana bagi sekolah untuk mengembangkan dan meningkatkan layanan pendidikan dan mutu pendidikan
·      Pemberian bea siswa yang tidak mampu tetapi berprestasi dalam bidang akademik s.d. tingkat prpoinsi /nasional.
·      Peningkatan biaya operasional sekolah sehingga beban biaya orang tua siswa dapat diminimal- kan
·      Penyempurnaan manajemen keuangan
·      Menyusun RKAS/RAPBS
·      Mengalokasikan dana untuk peningkatan mutu pendidikan
·      Menyediakan anggaran untuk program peningkatan kualitas siswa.
·      Menyediakan anggaran untuk kegiatan kretifitas siswa.
·      Menyediakan anggaran untuk program peningkatan profesionalisme guru.
·      Menyediakan anggaran untuk kegiatan kreatifitas guru.
·      Melaksanakan subsidi silang kepada siswa tidak mampu.
·      Menyediakan dana sosial kelangsungan belajar.
·      Mengalokasikan anggaran untuk kelebihan jam mengajar guru.
·      Membuat laporan untuk pengelolaan keuangan secara berkala kepada yayasan.
8
Meningkatkan dan mengembangkan penilaian pendidikan untuk pemenuhan standar penilaian pendidikan
Sekolah memiliki data yang akurat dan valid sebagai dasar dalam pemantauan mutu pendidikan dan pemetaan mutu sekolah dalam hal akademis dan non akademis
·      Melaksanakan evaluasi formatif (ulangan harian, tugas, tes tengah semester, dsb.)
·      Melaksanakan tes sumatif
·      Mengadakan analisis ulangan harian
·      Melaksanakan analisis ulangan sumatif
·      Memberikan laporan hasil evaluasi belajar siswa kepada orang tua murid
·      Membuat catatan perkembangan kepribadian siswa.


































MOMENT :


UJI KOMPETENSI DAN PSIKOLOGIS SISWA DG PAK KRIS


REFRESING SISWA KLS 6 DI OTAK KOKO






HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2014


UPACARA PENUH KHIDMAT



DEWAN GURU


PETUGAS UPACARA



KORSIK SDK ST ANTONIUS AMPENAN






 PENGEMBANGAN DIRI KEPRAMUKAAN




KORSIK


PERPUSTAKAAN SEKOLAH, ASRI


 LAPANGAN MASKET, VOLI YG NYAMAN DAN ASRI













Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah
Yuliana Mulia, S.Pd