Program Kegiatan Rutin SDK Santo Antonius Ampenan
No
|
Kegiatan Rutin
|
Waktu Pelaksanaan
|
|
A
|
Bidang Edukatif
|
|
|
|
Program
Umum
|
1. Kegiatan
rapat-rapat :
·
Rapat awal tahun
pelajaran, evaluasi tahun yang lalu dan pembagian tugas tahun berjalan.
·
Rapat dengan orang
tua siswa kelas I s.d. 6 tentang program pembelajaran tahun pelajaran 2015- 2016
·
Rapat orang tua siswa
kelas VI tentang persiapan ujian dan pembinaan suara hati
|
-
Juli 2015
- Juli
2015
- Nopember
2015
|
|
|
2. Kegiatan
Penyelenggaran hari besar Nasional
·
HUT Kemerdekaan RI
·
Sumpah Pemuda
·
Hari Guru
·
Hardiknas/Harkitnas
·
Hari Kartini
|
-
17 Agustus 2015
-
28 Oktober 2015
-
Nopember 2015
-
Mei 2016
-
April 2016
|
|
|
3. Kegiatan
Hari besar Keagamaan
·
Isra’Mi’raj
·
Idul Fitri
·
Natal dan tahun Baru
·
Paskah
·
Waisyak
·
Galungan
|
- Juli
2015
- September
2015
- Desember
2015
- April
2016
- Mei
2016
- Maret
2016
|
|
|
4. Kegiatan
Hari Besar Yayasan
·
HUT Yayasan Insan
Mandiri Denpasar
·
Pesta Pelindung
Sekolah
·
HUT SDK Santo
Antonius
|
- 15
Agustus 2015
- 13
Juni 2015
- 20
Agustus 2015
|
|
|
5. Tata
Tertib
·
Tata tertib siswa
·
Tata tertib guru
·
Tata tertib tenaga
kependidikan
|
- Setiap
hari
- Setiap
hari
- Setiap
hari
|
|
|
6. Peningkatan
Mutu Pembelajaran
·
Peningkatan kualitas
tenaga kependidikan
·
Penataran/pelatihan
KS, Guru
·
Diskusi/Worskshop/KKG
·
Pembinaan dari KS/Pengawas
·
Mendatangkan nara sumber
|
- Setiap
saat
- Insidentil
- Tiap
bulan
- Tiap
minggu
- Insidentil
|
|
|
7.
Peningkatan mutu proses belajar
mengajar
·
Menyusun jadwal dan alokasi waktu
·
Menetapkan jenis kegiatan kurikuler
dan ekstrakurikuler
·
Penerapan model pembelajaran “Leasson
Study”
·
Pengelolaan kelas sesuai dengan
standar
·
Kegiatan pembelajaran yang aktif,
kreatif, menyenangkan (PAKEM)
·
Mengembangkan alat evaluasi yang
bervariasi
|
- Awal
tahun
- Awal
tahun
- Bulan
Oktober 2015
- Tiap
tatap muka
- Tiap
tatap muka
- Tiap
tatap muka
|
|
|
8.
Peningkatan media pembelajaran
·
Mendata alat peraga
·
Mendesain pembelajaran di luar
kelas/sek.
·
Pengadaan alat peraga/media
pembelajaran
·
Membuat alat peraga sederhana oleh
guru
|
- Tiap
tatap muka
- Tiap
tengah smt
- Tiap
tatap muka
- P B
M
|
|
|
9.
Penilaian/Evaluasi hasil belajar
·
Desain ulangan harian
·
Desain tes tengah semester /kisi-kisi
·
Ulangan umum akhir semester
·
UASBN / US
|
- Tiap
selesai KD
- Tiap
tengah smtr
- Tiap
akhir smtr
- Akhir
tahun pel.
|
|
|
10.
Supervisi/ monitoring/ dan evalusi
·
Kegiatan mendukung peningkatan mutu
pel
·
Administrasi
·
Peningkatan perpustakaan
·
Pengadaan dan perawatan buku
·
Pengelolaan dan pemeliharaan
|
- Tiap
hari
- Tiap
minggu
- Tiap
minggu
- Tiap
semester
- Tiap
hari
|
|
|
11.
Peningkatan sarana dan prasarana
·
Pengadaan buku penunjang siswa
·
Pengadaan buku pegangan guru
·
Perbaikan mebelair/ almari guru dan
siswa
·
Pengadaan alat kebersihan
·
Perbaikan dan pengecatan/keramik
dinding
·
Perbaikan ruang kelas/atap/plafon
·
Pemeliharaan 7 K
|
- Awal
tahun
- Awal
tahun
- Awal
tahun
- Awal
tahun
- Akhir
tahun
- Insidentil
- Tiap
saat
|
|
|
12.
Peningkatan kesejahteraan pegawai
sekolah
·
Kepala sekolah
·
Guru tetap yayasan
·
Guru tidak tetap / FB dan FC
·
Penjaga sekolah/karyawan tetap
·
Karyawan yayasan tidak tetap/FB dan FC
|
- Tiap
tahun
- Tiap
tahun
- Tiap
tahun
- Tiap
tahun
- Tiap
tahun
|
|
|
13.
Meningkatkan kerja sama
·
Sekolah dengan instansi terkait/dunia
usaha
·
Sekolah dengan orang tua siswa dan
masyarakat
|
- Tiap
saat
- Tiap
saat
|
|
Program
tambahan
|
1. Kegiatan
pelajaran tambahan
·
Pembinaan siswa yang mengalami
kesulitan belajar
·
Pembinaan siswa berprestasi
·
Pelajaran tambahan untuk kelas 6
|
- Selama
3 hari/mg
- Satu
minggu 1 x
- Mulai
tengah smt ganjil
|
|
|
2. Kegiatan
Ekstrakurikuler
·
Bahasa Inggris
·
Pramuka
·
Komputer/Internet
·
Seni tari/seni lukis/seni vocal
·
Olah raga
·
Sempoa
|
-
Mulai bl agustus 2015
s.d. juni 2016
|
|
|
3. Kegiatan
study wisata
·
Kelas
I mengenal tempat umum
·
Kelas II mengujungi gedung
pemerintahan
·
Kelas III mengenal pasar
modern/tradisional
·
Kelas IV mengunjungi koperasi/museum
·
Kelas V mengunjungi tempat industri /
Kerajinan
·
Kelas VI mengenal alam sbg sumber bljr
|
- Awal
semester genap
- Bln
Nopember
|
|
|
4. Kegiatan
lomba-lomba
·
Mengikuti lomba kreatifitas
·
Mengikuti lomba olah raga/porseni
·
Mengikuti lomba Olimpiade
|
-
Insidentil
-
Insidentil
-
Insidentil
|
B
|
Bidang Administratif
|
|
|
|
1.
Administrasi
Program Pengajaran
|
a. Kegiatan
awal tahun pelajaran
·
Pembagian tugas pendidik dan tenaga
kependidikan
·
Rencana pengajaran tahunan
·
Rapat awal tahun pelajaran
·
Pengisian buku induk siswa
|
-
Juli
2015
-
Juli
2015
-
Oktober 2015
|
|
|
b. Kegiatan
bulanan
Awal
Bulan
·
Penggajian guru dan karyawan
·
Pelaporan ke yayasan
·
Rencana anggaran bulanan
·
Melakukan pemeriksaan secara umum :
o
Daftar hadir siswa per kelas
o
Daftar hadir guru dan karyawan
o
R P P / Silabus
o
Kumpulan alat penilaian
o
Diagram taraf serap siswa
o
Hasil P T K
o
Buku pelaksanaan catatan bimbingan
Akhir Bulan
·
Mengadakan evaluasi terhadap
penggunaan alat peraga dan alat bantu mengajar
·
Melaksanakan supervisi kelas
·
Membuat laporan bulan
o
Prosentase kehadiran guru dan siswa
o
Menutup buku mutasi siswa
o
Laporan keuangan ke yayasan
|
|
|
|
c. Kegiatan
mingguan
·
Melaksanakan upacara bendera
·
Mengadakan pembinaan rutin
·
Melaksanakan pendalaman iman sesuai
dengan agamanya
·
Mengadakan kegiatan Pramuka
·
Melaksanakan kegiatan kebersihan
bersama
|
|
|
2.
Administrasi
Kegiatan Supervisi, KKG, K3S
|
Kegiatan
harian :
·
Memeriksa daftar hadir guru dan
karyawan
·
Memeriksa kebersihan sekolah / 7 K
·
Memeriksa persiapan mengajar guru
·
Mengadakan pengawasan umum terhadap
berlangsungnya kegiatan belajar
·
Mengatasi permasalahan yang terjadi
dalam hari itu
·
Mengawasi dan mengadakan pengecekan
terhadap buku induk, buku klaper, buku mutasi bila ada siswa yang keluar
|
|
|
3.
Administrasi
Kegiatan Semester
|
a.
Kegiatan awal semester
·
Mengevaluasi kegiatan belajar mengajar
sesuai dengan alokasi waktu dan batas pelajaran/kurikulum yang harus dicapai.
·
Menginventaris data calon peserta
ulangan umum
·
Mempersiapkan bahan evaluasi/ulangan
umum pada semester yang berlaku (kisi-kisi soal dan soal evaluasi)
·
Melaksanakan evaluasi/ulangan umum
|
|
|
|
b.
Kegiatan menjelang akhir semester
·
Menerima laporan hasil ulangan
umum(taraf serap, rata-rata, nilai tertinggi dan terendah)
·
Menginventaris siswa yang tidak ikut
ulangan umum, alasan dan pemecahannya.
·
Mengadakan persiapan akhir semester
dan pembagian laporan pendidikan/rapor.
·
Mengadakan pertemuan dengan orang tua
siswa oleh guru kelas untuk melaporkan kegiatan satu semester yang sudah
berjalan dan menyongsong semester yang akan dating.
·
Menginventaris siswa yang berprestasi
dan perlu mendapatkan pembinaan lanjut
·
Memeriksa administrasi kelas secara
lengkap
|
|
|
|
c.
Kegiatan menjelang akhir tahun
pelajaran
·
Menyelenggarakan ulangan umum dan
ujian sekolah yang meliputi :
o
Kegiatan persiapan ulangan umum/ujian
o
Pelaksanaan ulangan umum
o
Persiapan ujian praktik
o
Penyusunan hasil ujian sekolah (PK-6,
PK-2, dan PK-7
o
Pendaftaran siswa baru untuk tahun
berikutnya
·
Melaksanakan evaluasi belajar dalam
rangka kenaikan kelas :
o
Melaksanakan ulangan umum
o
Memeriksa daftar nilai
o
Mencatat siswa yang memiliki nilai di
bawah KKM untuk dapat dipertimbangkan
o
Mempersiapkan rapat guru dalam rangka
penentuan kenaikan kelas
·
Membuat laporan akhir tahun pelajaran
tentang :
o
Menyelenggarakan rapat kenaikan kelas
(PK-6)
o
Pengisian buku laporan pendidikan dan
buku induk oleh guru dan TU administrasi
o
Pengisian ijazah dan registrasi
lulusan/tamatan (PK-7a, dan PK-13)
o
Penyerahan buku laporan pendidikan dan
pelepasan siswa
o
Laporan hasil kenaikan kelas/lulusan
|
|
|
4.
Administrasi
hubungan sekolah dengan masyarakat
|
·
Sekolah menyusun
program kerja sama dengan masyarakat, komite sekolah, gereja, dunia usaha,
serta nara
sumber yang memiliki peran dan peduli pada pendidikan.
|
|
|
5.
Administrasi
kesiswaan
|
a.
Pencatatan data pada awal tahun
pelajaran
·
Kegiatan penerimaan siswa baru,
meliputi :
o
Membentuk panitia PSB
o
Menyiapkan formulir pendaftaran
o
Daftar calon siswa baru
o
Daftar siswa baru kelas I
·
Kegiatan selama tahun pelajaran,
meliputi :
o
Penyusunan data pribadi siswa
o
Buku induk siswa
o
Buku klapper
|
|
|
|
b.
Keadaan siswa awal tahun pelajaran,
meliputi :
·
Format S-6 yaitu jumlah siswa menurut
asal, kelas, dan jenis kelamin. S-3 (naik kelas), S-14 (data siswa pindahan),
S-20 (data tahun sebelumnya)
·
Format S-7 (jumlah siswa menurut usia,
kelas, dan jenis kelamin).
|
|
|
|
c.
Absensi siswa
·
Papan absensi harian siswa (S-8)
·
Buku rekapitulasi absensi harian siswa
(S-9)
·
Buku absensi bulanan siswa (S-10)
·
Buku rekapitulasi tahunan absensi
siswa (S-11)
|
|
|
|
d.
Mutasi siswa, meliputi :
·
Surat
permohonan pindah (S-12)
·
Surat
keterangan pindah sekolah (S-14)
·
Mutasi siswa selama semester (S-15)
|
|
|
|
e.
Akhir tahun pelajaran, meliputi :
·
Pelaksanaan ujian sekolah/UASBN. Untuk
itu diperlukan beberapa jenis format :
o
Daftar calon peserta ujian (data BIOS
SD)
o
Tanda peserta ujian (S-16)
o
Daftar peserta dan prestasi ujian
(S-17)
o
Pendaftaran masuk SLTP (S-18)
·
Pelaksanaan kenaikan kelas :
o
Daftar naik kelas (S-19)
o
Rekapitulasi berhasil tidaknya siswa
(S-20).
|
|
|
|
f.
Pelaporan
·
Administrasi bidang kesiswaan selain
berfungsi sebagai pencatatan data di sekolah, juga sebagai format pelaporan.
Format-format untuk pelaporan dapat dilihat dalam format berikut ini : S-2,
S-3, S-6, S-7, S-11, S-15, S-16, S-18, S-19, dan S-20.
·
Format ini juga berfungsi sebagai
sumber data untuk bahan isian kuisioner pendataan “Laporan sekolah Dasar”
yang diadakan setiap tahun melalui mekanisme khusus.
|
|
|
6.
Administrasi
Kepegawaian
|
a.
Perencanaan pengadaan pegawai/guru
·
Penjaringan data pegawai berdasarkan
pada jumlah rombel.
·
Usulan kebutuhan guru yang diusulkan ke Yayasan Insan Mandiri
Denpasar.
|
|
|
|
b.
Pembinaan
·
Pembinaan Karir
o
Mendata nomor induk pegawai
o
Melaksanakan Penilaian Pelaksanaan
Pekerjaan (DP3)
o
Mengusulkan system kenaikan pangkat /
jabatan
o
Pemindahan atau mutasi
·
Disiplin pegawai Yayasan Insan Mandiri
Denpasar :
Peraturan
pegawai diatur dalam peraturan Yayasan Insan Mandiri Denpasar no. 1224/IMAN/DP.19/2009 yang mengatur tentang :
o
Hak dan Kewajiban
pegawai yayasan
·
Pembinaan Profesi :
o
Penataran Guru, seminar, workshop,
dalam usaha peningkatan profesi guru serta menyegarkan pengetahuan dengan
menggunakan gugus sekolah.
o
Pembinaan oleh pengawas TK/SD dan
pembinaan dari pengawas yayasan.
o
Peningkatan kualitas guru :
peningkatan kemampuan, pengetahuan, dan ijazah minimal S1.
o
Pengembangan profesi : pengembangan
profesi dapat dicapai melalui lomba karya ilmiah, mengarang/menulis resensi
buku, membuat diktat/modul, menyusun PTK.
o
Retret / rekoleksi pegawai menjelang
hari raya agama
·
Pembinaan Kesejahteraan : kesejahteraan
ini mencakup kesejahteraan berupa material dan non material (rasa aman,
tentram, terlindungi)
o
Yadapen dan Dana hari tua KWI
o
Ristitusi dari yayasan
o
Credit Union (CU Kesuma)
·
Kenaikan gaji
|
|
|
|
c.
Supervisi
·
Administrasi KBM
o
Program semester
o
Silabus dan RPP / persiapan harian
o
Bank soal
o
Buku analisis hasil evaluasi
o
Buku program pengayaan dan perbaikan
o
Buku program bimbingan dan penyuluhan
o
Buku kegiatan ekstrakurikuler
·
Proses KBM
o
Kegiatan awal :
-
Apersepsi
-
Keterampilan membuka dan menutup
pelajaran
-
Keterampilan bertanya dasar dan
lanjutan
o
Kegiatan Inti :
-
Penggunaan model pembelajaran
-
Praktikum sederhana
-
Pemanfaatan lingkungan
-
Diskusi
-
Tanya jawab bervariasi
o
Penguasaan Materi :
-
Kesesuaian materi dengan KD
-
Kesesuaian materi dengan tujuan
pembelajaran
-
Kesesuaian materi dengan perkembangan
siswa
-
Sistematis penyampaian materi
-
Memotivasi siswa dalam belajar aktif
o
Penggunaan alat peraga :
-
Relevansi alat peraga dengan KD dan
tujuan pembelajaran
-
Penguasaan penggunaan alat peraga
-
Kejelasan alat peraga bagi siswa
-
Keterbatasan siswa dalam penggunaan
alat peraga
o
Perhatian kepada siswa :
-
Secara kelompok, klasikal, dan
individual
-
Bimbingan kepada siswa yang mengalami
kesulitan
-
Memperhatikan perbedaan kemampuan
siswa
-
Interaksi guru dengan siswa, siswa
dengan siswa
-
Siswa aktif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan
o
Penggunaan buku paket/penunjang :
-
Relevansi buku ajar dengan KD
-
Pegangan guru tidak terbatas pada satu
buku sumber
-
Memotivasi siswa untuk gemar membaca
buku-buku di perpustakaan sebagai tambahan pengetahuan
-
Memanfaatkan perpustakaan sebagai
sumber belajar.
o
Kegiatan akhir :
-
Pelaksanaan evaluasi
-
Tindak lanjut
-
Daya serap
-
Pengelolaan kelas :
a)
Pajangan hasil karya
b)
Pengelompokan siswa
c)
Pengaturan tempat duduk siswa
d)
Pengorganisasian kelas dan
administrasinya
e)
Variasi pajangan kelas menarik minat
siswa rasa ingin tahu imajinasi dan merupakan sumber belajar.
|
|
Aktivitas sekolah ku
0 Comments:
Posting Komentar